Sabtu, 27 Agustus 2016

Obat PCT

Dokter seringkali menulis nama obat PCT di resepnya. Obat apa sebenarnya PCT ini? Apa kepanjangan PCT tersebut?

PCT adalah singkatan dari PARACETAMOL. Di Indonesiakan menjadi parasetamol.

Parasetamol adalah obat penurun panas dan pereda nyeri yang sangat terkenal. Obat ini termasuk kategori obat bebas terbatas, sehingga dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

Selain itu, berbeda dengan pereda nyeri pada umumnya yang mempunyai efek samping nyeri ulu hati, parasetamol bebas dari sifat mengiritasi lambung. Itulah sebabnya obat ini boleh dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Oh ya satu lagi keunggulan PCT alias parasetamol. Obat ini aman dikonsumsi oleh wanita hamil, wanita menyusui, bayi, dan anak-anak. Tentunya dengan dosis yang sesuai.



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Kamis, 25 Agustus 2016

Kanker Mulut Rahim yang Bikin Nyesek

Ketemu teman di RS. Istrinya diopname gegara kanker mulut rahim. Dokternya bilang sudah stadium IIIb. Agak nyesek mendengarnya. Kenapa?

Pertama, stadium IIIb merupakan stadium lanjut. Sel kanker sudah merambah daerah di luar mulut rahim. Kadang-kadang sudah ada bibit yang menyebar ke sekujur tubuh, walaupun belum menampakkan diri.

Stadium IIIb ini lebih sulit diatasi. Perlu kemoterapi dan operasi. Bagi sebagian orang, kemoterapi merupakan mimpi buruk. Demikian pula dengan pembedahannya. Dokter seringkali terpaksa mengangkat rahim dan jaringan di sekitarnya.

Hal kedua yang bikin nyesek adalah, kanker ini, jika ditemukan pada stadium 0, bisa sembuh sempurna. Cara menemukannya pun gampang. Tinggal ke puskesmas untuk periksa IVA. Kalau punya BPJS asli gratis. Kalaupun bayar, tak sampai seharga sebungkus rokok yang konon katanya nanti sekitar 50 ribuan. Hasilnya pun bisa ketahuan secara realtime saat pemeriksaan.

Gak perlu takut kalo positif. Sel yang mulai nakal bisa dibunuh dengan dinginnya nitrogen cair. Nama pengobatannya adalah krioterapi. Mirip dengan pemeriksaan IVA, harga krioterapi juga murah meriah. Jika dibandingkan dengan biaya kemo dan operasi, seperti langit dan dasar samudra.

So, supaya ga ada lagi korban berikutnya, ayo rame-rame ke puakesmas untuk periksa IVA.



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Senin, 22 Agustus 2016

Dukun Pake Sunat Laser?

Bukan hanya teknologi yang tambah canggih, dukun juga.

Kalo dulu, dukun melakukan sunat dengan cara tradisional. Ada yang menggunakan pisau. Bahkan ada yang bikin bulu kuduk merinding, pakai sembilu.

Jangan harap prosedur sunat tradisional menggunakan obat bius. Pun tidak ada antibiotik. Alhasil, sunat terasa sangat nyeri. Sembuhnya pun bisa sangat lama. Ada yang satu bulan!

Tapi kalau merujuk iklan di samping, rupanya dukun sekarang tambah canggih. Mereka menawarkan sunat laser. Sunat ini membutuhkan pembiusan. Jadi saya agak bingung, bagaimana mereka melakukannya.

Melihat iklan tersebut saya cuma berharap, mereka hanya calo saja. Yang mengeksekusi tetap tenaga kesehatan. Mudah-mudahan.



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Jumat, 19 Agustus 2016

Arti Logo HUT Kemerdekaan ke-71

Baru saja kita merayakan HUT kemerdekaan yg ke tujuh satu. Tidak hanya nuansa merah putih yang bertebaran, tapi juga logo perayaan kemerdekaan.

Arti logo tersebut jelas dari tulisan yang terpampang: Indonesia Kerja Nyata. Ga cuma omdo alias omong doang.

Terus ada gambar baling-baling. Mirip baling-baling kapal berdaun dua. Semua sudah pada tahu kan fungsi baling-baling, yaitu mendorong kapal ke depan. Kapal dianalogikan dengan Negara Indonesia.

Angka satu menembus daun baling-baling. Artinya adalah kita harus bersatu sehingga dapat menembus segala rintangan yang menghadang.

Secara keseluruhan, logo HUT ke-71 ini ingin menunjukkan kesederhanaan dan kejelasan. Ga bertele-tele dan ga multitafsir.



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Pegal-pegal di Kaki

Saya itu orangnya sering banget pegal, terutama di bagian kaki. Maksudnya betis. Apalagi kalo banyak berdiri.

Jika dibiarkan, tunggu aja malamnya. Bakal ketindisan. Bagi yang pernah merasakan ketindisan, pasti tau sangat tidak enaknya "bunga" tidur ini.

Biasanya saya mengurut sendiri betis yang pegal-pegal. Lumayan. Selain pegalnya hilang, saya juga lebih jarang mengalami ketindisan.

Suatu ketik, menjelang tidur tanpa ada niat apapun, saya minum Pocari Sweat. Herannya, rasa pegal di malam dan pagi harinya menghilang.

Saya tidak tau mekanisme pastinya. Apakah pegal hilang karena ion yang dikandung Pocari Sweat atau karena asam askorbatnya. Atau karena senyawa lain yg ada di larutan tersebut.

Sejak saat itu saya jadi rajin minum Pocari Sweat, terutama menjelang tidur.



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Kamis, 18 Agustus 2016

Cara Menghemat Data & Memori di Whatsapp

Whatsapp saat ini telah menjadi aplikasi paling populer. Selain jauh lebih hemat dibanding SMS, juga memiliki fitur yang sangat membantu, misalnya fitur kirim gambar, video, dan dokumen. Juga ada fitur grup yang sangat bermanfaat untuk diskusi atau pun tukar info.

Sayangnya, fitur download otomatis FOTO, AUDIO, VIDEO, dan DOKUMEN di Whatsapp aktif dari sananya. Bagi mereka yang kuotanya banyak atau memori HP nya lega mungkin tidak masalah. Tapi bagi mereka yang mempunyai kuota dan memori HP terbatas, maka fitur tersebut bisa menjadi musibah. Mesti merogoh kocek lebih dalam untuk membeli paket data, atau HP menjadi hang karena kehabisan memori.

Agar musibah buruk di atas tidak terjadi, maka kita dapat menonaktifkan fitur download otomatis di whatsapp.

Berikut langkah-langkah atau cara untuk mematikan fitur download otomatis sehingga kita dapat menghemat data atau memori di whatsapp.

1. Buka SETELAN
2. Buka PENGGUNAAN DATA
3. Buka SAAT MENGGUNAKAN DATA SELULER
4. Hilangkan tanda centang di depan FOTO, AUDIO, VIDEO, DOKUMEN.
5. Sentuh OKE.

Nah, mulai saat ini keempat jenis berkas tersebut tidak terdownload otomatis. Jika Anda ingin mendownload salah satunya pada pesan whatsapp, silakan tekan panah ke bawah yang ada di atas berkas tersebut.

Demikian artikel CARA MENGHEMAT DATA DAN MEMORI DI WHATSAPP ini, semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Selasa, 16 Agustus 2016

Panah di Langit-langit Kamar

Di awal-awal saya suka bingung dengan tanda panah yang ada di langit-langit kamar. Baik itu itu di kamar hotel maupun penginapan.

Kebingungan baru berakhir ketika suatu saat saya menemukan gambar panah yang disertai dengan tulisan KIBLAT.

Oh itu rupanya!

Panah tersebut adalah petunjuk arah kiblat. Jadi jika shalat, arah menghadapnya tinggal disesuikan dengan arah panah.
Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]