Minggu, 01 Maret 2020

Wudhu Bisa Membunuh Virus Corona?

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali
Salah satu berita yang dicap hoaks belakangan ini adalah berita mengenai air wudhu dapat MEMBUNUH virus Corona.

Sebelum para Pembaca atau para netizen sekalian mengeluarkan pendapat yang pro maupun kontra, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu proses penularan Penyakit Corona, yang mempunyai nama resmi COVID-19.

Ketika seorang penderita penyakit Corona (baik yang bergejala maupun belum) bersin atau batuk, maka lendir, ingus, maupun ludah yang berhambur keluar kemungkinan besar mengandung Virus Corona. Dalam istilah medis, partikel lendir berukuran mikro tak kasat mata tersebut disebut droplet. Droplet yang ada virusnya ini bisa langsung mengenai orang sehat di sekitarnya (jika jaraknya dekat) atau jatuh di benda-benda di sekelilingnya. Jika orang sehat tersebut daya tahan tubuhnya lemah maka ada kemungkinan dia ikut terinfeksi Virus Corona.

Lalu bagaimana nasib virus yang ada dalam droplet yang jatuh di benda-benda misalnya meja, kursi, gagang pintu, tombol lift, dan sebagainya?

Jika ada orang lain yang menyentuh benda yang terkontaminasi tersebut lalu mengusapkan tangannya ke hidung atau ke mata, ada kemungkinan dia akan ikut terinfeksi. Berdasarkan hal ini maka sangat dianjurkan untuk menghindari kontak dengan benda-benda yang dicurigai mengandung virus Corona. Selain itu juga sangat dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan kalau bisa pakai sabun. Tujuannya adalah agar virus Corona yang kebetulan menempel di tangan secara tak sengaja akan hilang tersapu air atau mati karena sabun. Hal yang juga bisa bermanfaat untuk mencegah penularan adalah hindari menyentuh wajah terutama bagian mata, hidung, atau mulut.

Dari uraian cara penularan di atas dan dari penelitian terhadap virus Corona sebelumnya, kecil kemungkinan atau hampir tidak mungkin air wudhu MEMBUNUH virus Corona. Tetapi proses cuci tangan dan wajah pada saat berwudhu dapat membantu membersihkan virus Corona yang terlanjur menempel di tangan secara tidak sengaja, dan dengan demikian menurunkan resiko untuk terinfeksi Virus Corona. Apalagi jika wudhunya dilakukan sering-sering lebih dari 5 kali sehari.

Demikian, semoga bermanfaat dan marilah kita terus berdoa agar negara kita dilindungi dari musibah wabah virus Corona.

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar