Kamis, 07 Mei 2020

Perbedaan Regresi Logistik Ordinal dan Multinomial

Oleh: dr.iChal | Dibaca kali
Salah satu ciri khas dari regresi logistik adalah variabel dependennya bersifat kategori. Berbeda dengan regresi linear, dimana variabel dependennya harus bersifat numerik.

Regresi logistik setidaknya ada 3 jenis, yaitu regresi logistik dikotomi, multinomial, dan ordinal. Pembagian ini didasarkan pada sifat kategorik dari variabel dependennya.
Disebut regresi logistik dikotomi jika variabel dependen tersebut bersifat dikotomi atau biner, misal Ya/Tidak, Sakit/Tidak Sakit, Sembuh/Tidak Sembuh, Hidup/Mati, Lulus/Tidak Lulus dan sebagainya. Sedangkan regresi logistik multinomial bersifat kategorik biasa misalnya, tempat makan (restoran A, restoran B, restoran C), minum obat (tidak minum obat, minum semua obat, minum obat sebagian). Sebenarnya regresi logistik ordinal juga mirip dengan multinomial, hanya saja variabel kategorik pada logistik ordinal bersifat tingkatan, misal pendidikan (SD, SMP, SMA, PT) atau hipertensi (normal, grade I, grade II).

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Perbedaan Regresi Logistik Ordinal dan Multinomial adalah pada variabel dependennya (Y), yaitu pada logistik ordinal variabelnya bersifat tingkatan sedangkan pada multinomial variabelnya bersifat nominal biasa.

Yuk jadilah yang PERTAMA berkomentar

Posting Komentar